Pil KB Bisa Menumbuhkan Payudara Untuk Transpuan? KOK BISA?!

Hi sahabat muda khususnya sahabat muda transpuan. Pil KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang biasanya digunakan oleh perempuan biologis. Muncul pertanyaan, apa jadinya jika pil KB diminum oleh teman-teman transpuan? Ada dua kandungan utama pada pil KB, yakni hormon progesteron dan hormon estrogen. Dua hormon ini secara alami diproduksi oleh tubuh perempuan dalam jumlah banyak, karena berperan dalam mengatur siklus menstruasi.

Tubuh lelaki secara biologis sejatinya juga memproduksi dua hormon tersebut, namun dalam jumlah yang lebih sedikit. Hormon progesteron digunakan untuk merangsang pembentukan hormon testosteron, sementara estrogen berperan dalam proses pematangan sperma.

Ketika seorang transpuan mengonsumsi pil KB sekali atau dua kali, mungkin tidak akan menimbulkan efek apa-apa. Lain halnya kalau pil KB diminum secara rutin dan teratur, yang diketahui dapat menyebabkan effect seperti tumbuhnya payudara, perubahan fisik, wajah lebih feminim, dan effect lain yang disebabkan oleh hormon estrogen yang terkandung dalam pil KB. Jadi, pil KB ini adalah salah satu cara untuk teman-teman transpuan yang mau memulai transisi dengan hormon.

Tapi, jangan main asal minum pil KB atau mengkonsumsi hormon ya. Alangkah baiknya, cari informasi yang benar terkait hormon atau carilah pihak medis yang membuka layanan terapi hormon.

Share this post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
Share on email