Jangan Takut Berteman Dan Hidup Berdampingan Dengan ODHIV

Hai sahabat muda, jangan takut untuk hidup berdampingan dengan teman-teman ODHIV ya. Kamu tidak perlu bersikap ketakutan dan menghindar, Kenyataan jumlah ODHIV yang terus bertambah dan penyebarannya yang kian luas memang miris. Namun, tak perlu terburu-buru bersikap ketakutan atau menghindar jika kerabat atau orang di sekitar Anda mengidap HIV/AIDS. namun para ahli kesehatan di masa kini sudah mengungkap lebih jauh tentang penyebab dan apa saja yang patut dilakukan untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS.

Yang perlu diingat, berdekatan atau bersosialisasi dengan ODHA tidak akan menyebabkan Anda terinfeksi virus HIV. Sebab kenyataannya, virus HIV tidak akan mudah menyebar seperti virus flu atau sakit perut.
Menurut para ahli medis, virus HIV hanya bisa ditularkan melalui kontak darah, air susu, sperma, ataupun cairan vagina.

Tiga media penularan terakhir lebih jelas bentuknya, berbeda dengan yang pertama. Air susu berpotensi menularkan virus HIV dari ibu yang sudah berstatus ODHIV kepada bayinya. Sementara sperma ataupun cairan vagina hanya mungkin menularkan virus HIV kepada mereka yang melakukan hubungan seksual dengan ODHIV. Kita harus memberikan support satu sama lain, jangan menstigma dan diskriminasi teman-teman ODHIV.

Share this post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
Share on email