IM YOUNG WILD AND FREE FESTIVAL

Melalui dukungan pendanaan Bridging the Gaps dari Jaringan Global orang yang hidup dengan HIV (GNP+), Inti Muda Indonesia melaksanakan proyek yang disebut “Young, Wild and Free”. Proyek ini dimulai dari Maret hingga Agustus 2021 dengan target awal 1000 populasi kunci muda untuk berpartisipasi dalam proyek ini. Young Wild and Free dibagi menjadi 2 kegiatan, yaitu IM Young Wild dan Free Festival dan IM Got Talent. IM Young Wild and Free Festival akan diadakan di 7 provinsi di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Bali dan Papua. Sedangkan kegiatan IM Got Talent akan dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sehingga dapat menjangkau populasi kunci anak muda dari seluruh Indonesia.

IM Young Wild and Free Festival bertujuan untuk melihat realitas dunia yang terus berubah dan penuh tantangan bagi populasi kunci muda di Indonesia. Dalam keadaan seperti itu, kreativitas menjadi faktor penting dalam menciptakan perubahan yang baik. Populasi kunci muda selalu tertinggal, sehingga kegiatan inovatif akan membawa mereka ke masa depan yang lebih baik sehingga mereka dapat mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan mereka, seperti belajar terkait hak kesehatan seksual dan reproduksi, belajar membangun jaringan inklusi, belajar mengadvokasi dan belajar menjadi pembicara, sehingga suaranya dapat didengar untuk menciptakan perubahan di lingkungan mereka.

Proyek Young, Wild and Free merupakan wadah bagi populasi kunci muda di Indonesia untuk berani bertindak, berani mengungkapkan cerita, berani melawan ketidakadilan, dan berani membuktikan bahwa ketika generasi muda populasi kunci diberikan kesempatan yang sama, maka mereka akan menjadi orang-orang yang menakjubkan.

Dalam laporan singkat ini, Inti Muda Indonesia telah melaksanakan 7 kegiatan IM Young Wild and Free Festival di 7 provinsi di Indonesia antara lain DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara dan Papua dengan rincian pelaksanaan sebagai ditunjukkan pada tabel di bawah ini:

 

  1. Inti Muda DKI Jakarta dilaksanakan pada 10 April 2021 di Hotel Swiss-Belresidences Jakarta.
  2. Inti Muda Jawa Barat dilaksanakan pada 25 Juni 2021 di Moxy Hotel Bandung.
  3. Inti Muda Jawa Timur dilaksanakan pada 24 Juni 2021 di Maxone Hotel Surabaya.
  4. Inti Muda Bali dilaksanakan pada 04 April 2021 di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali.
  5. Inti Muda Sulawesi Selatan dilaksanakan pada 03 April 2021 di Swiss-Belhotel Makassar.
  6. Inti Muda Sumatera Utara dilaksanakan pada 14 Agustus 2021 di Pancur Gading Hotel & Resorts Medan.
  7. Inti Muda Papua dilaksanakan pada 10 April 2021 di Gedung Serbaguna Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayapura.

Secara umum, IM Young, Wild and Free Festival dilaksanakan dari sore hingga malam hari, melibatkan 100 peserta yang terdiri dari populasi kunci muda, petugas layanan kesehatan mobile VCT,  akademisi, organisasi lokal dan pemerintah daerah dari masing-masing daerah. Festival ini dipandu oleh 2 orang presenter dan dimeriahkan oleh beberapa pertunjukan hiburan seperti menyanyi, menari dan drags queen. Peserta lomba “IM TALKS” atau lomba pidato dibatasi 15 orang di setiap provinsi, para kontestan membawa berbagai topik pilihan mereka terkait isu-isu hak kesehatan seksual dan reproduksi, seperti kesetaraan gender, budaya patriarki, keragaman seksual, pekerja seks, HIV AIDS dan penyalahgunaan narkoba. Selain itu, pemerintah daerah seperti dinas kesehatan, dinas pemberdayaan perempuan dan anak, dan komisi penanggulangan AIDS juga terlibat dalam memberikan edukasi.

Untuk gambaran kegiatan yang lebih lengkap dapat disimak melalui video dokumentasi di bawah ini:

  1. Inti Muda DKI Jakarta silahkan klik di sini.
  2. Inti Muda Jawa Barat silahkan klik di sini.
  3. Inti Muda Jawa Timur silahkan klik di sini.
  4. Inti Muda Bali silahkan klik di sini.
  5. Inti Muda Sulawesi Selatan silahkan klik di sini.
  6. Inti Muda Sumatera Utara silahkan klik di sini.
  7. Inti Muda Papua silahkan klik di sini.

 

Share this post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
Share on email